Teknologi Di Smartcar Ala Autotrade Gold

Teknologi Di Smartcar Ala Autotrade Gold – Kebanyakan mobil-mobil kelas premium terbaru sudah dilengkapi dengan sensor hujan sehingga wiper dapat bekerja otomatis. Namun, bagaimana teknologi ini bekerja dikala hujan? Duduk di belakang kemudi kini semakin mengasyikkan karena pada mobil mobil terbaru sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi untuk berkendara di jalan raya. Salah satunya adalah Rain Sensor. Rain sensor berfungsi untuk mendeteksi adanya titik­titik air di permukaan kaca depan. Dengan begitu, saat hujan turun, pengemudi tidak perlu mengubah switch untuk wiper secara manual karena wiper akan bekerja otomatis saat hujan turun. Cara kerja sensor hujan di wiper Sensor hujan sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 1950­an.

Di tahun 1958, Cadillac Motor Car Division dari General Motor sudah mengembangkan saklar air sensitif yang dapat menutup atap convertible dan menaikkan jendela saat hujan turun. Seiring dengan perkembangan mobil, sensor hujan juga digunakan untuk menggerakkan wiper. Awalnya, pemantau hujan menggunakan sistem pengaliran air saat hujan terjadi. Teknologi awal masih menggunakan hygroscopic disk yang dapat mengembang saat terkena hujan dan menyusut saat sudah kering. Jika disk terkena hujan, kemudian mengembang, disk akan menekan saklar listrik dan menggerakkan berbagai komponen pelindung hujan, termasuk wiper.

Pada era modern dan banyak digunakan oleh mobil­mobil keluaran tahun 2000 ke atas, sensor sudah menggunakan optical dengan sistem cahaya infra merah yang direfleksikan ke bagian kaca depan. Pemancar cahaya infra merah diletakkan dengan sudut sekitar 45 derajat dengan kaca. Selanjutnya, cahaya ini akan direfleksikan ke kaca dan memantul kembali ke dalam sensor. Apabila rintik hujan turun di kaca, titik refleksi cahaya tentu akan terganggu dan mengakibatkan jumlah cahaya yang kembali ke sensor berkurang. Dari jumlah cahaya yang balik inilah yang akan mengatur tingkat kecepatan wiper. Di beberapa mobil untuk masa depan, sensor ini tidak hanya memicu wiper, tetapi juga mengatur kecepatan yang aman bagi mobil saat hujan turun dengan deras.

Sumber : https://teknorus.com/