Aplikasi Untuk Monitor Kebidanan Dan Kandungan

Tingginya angka kematian pada ibu hamil dan ibu saat melahirkan di Indonesia, mendorong Royal Philips untuk menciptakan suatu terobosan baru yakni program Mobile Obstetrical Monitoring (MOM) Solution yang pertama di Indonesia. Solusi berbaris kecanggihan ini didesain khusus untuk mengidentifi kasi kompilkasi kehamilan berisiko dan menekan angka kematian ibu.

Baca juga : toefl ibt jakarta

Beberapa waktu lalu, masyarakat Kabupaten Sijunjung mendapat kehormatan untuk mendapatkan pelayanan ini pertama kali. Dalam sambutan peluncuran, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, dr. Edwin Suprayogi, M.Kes, menyatakan “Kami bangga Sijunjung menjadi kabupaten pertama yang mengimplementasikan program MOM. Sebab, memeriksakan kehamilan adalah tantangan tersendiri bagi para ibu di Kabupaten Sijunjung, mengingat jauhnya jarak yang harus ditempuh dari rumah ke klinik terdekat, yang menyebabkan tidak terdeteksinya kehamilan berisiko tinggi sejak dini.

Melalui program MOM, kami ingin dapat mengidentifi kasi kehamilan para ibu dan segera mungkin supaya mereka bisa mendapatkan perawatan yang dibutuhkan, Di sisi lain, program MOM juga bisa membantu kami memantau efektivitas petugas layanan kesehatan di lapangan sehingga kami dapat meningkatkan keahlian dan kualitas layanan kesehatan lebih baik lagi”. Alat ini berguna untuk memudahkan para bidan memantau pasien yang berada di daerah terpencil. Bidan dapat memeriksa kondisi ibu hamil sesuai dengan jangka waktu yang semestinya. Prosesnya terbilang cukup mudah, misalnya saja dapat dilakukan pengukuran vital, data observasi dan gambar ultrasonik mobile kepada bidan atau dokter kandungan, sehingga penanganannya akan lebih mudah tepat dan cepat.

Apliksi MOM juga mampu menyusun riwayat kesehatan para ibu hamil dan mengumpulkan data hasil pemeriksaan secara langsung. Jadi dokter dapat mengetahui lebih cepat bila terjadi komplikasi atau kehamilan dengan risiko tinggi dan dapat mengambil keputusan upaya penyelamatan. Philips bekerja sama dengan PT Telkom sebagai penyedia jaringan terbesar di Indonesia diharapkan dapat menjangkau area yang luas di seluruh Indonesia, sehingga aplikasi telehealth berbasis mobile berjalan efektif. “

Indonesia, sebuah negara yang memiliki sekitar 255 juta penduduk yang tersebar pada lebih dari 900 pulau, masih harus berjuang sebagai salah satu negara dengan angka kematian ibu tertinggi di dunia karena kurangnya akses terhadap layanan kesehatan. Dengan diluncurkannya MOM, kami dapat membantu masyarakat desa terpencil untuk mendapatkan layanan dari ahli kesehatan dan teknologi yang tepat dan di waktu yang juga tepat. Hal ini merupakan salah satu contoh bagaimana teknologi digital dapat memfasilitasi tindakan pencegahan dan memberikan dampak besar pada kualitas pelayanan”, ungkap Suryo Suwignjo, Direktur Utama Philips Indonesia.

Sumber : https://pascal-edu.com/