Menghijaukan Lahan Terbengkalai

Tak berhenti sampai di situ, Tri pun mengembangkan programnya. Bank sampah yang semula hanya mengumpulkan sampah kering, kini mengumpulkan pula sampah basah, seperti makanan sisa rumah tangga dan dedaunan. Sampahsampah tersebut dibuat menjadi pupuk yang sebagian digunakan untuk menanam pohon-pohon dan sebagian lainnya dijual. Kebetulan, di dekat rumahnya ada lahan kosong milik Pemda yang terbengkalai. Ia ingin menghijaukan lahan tersebut dengan tanaman produktif. Pihak kelurahan pun mengizinkan, lalu ditanamilah singkong lahan tersebut.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

Di sebuah pameran, Tri bertemu dengan ketua PKK DKI Jakarta. Ia menceritakan kalau sedang mengelola lahan milik Pemda. ”Saya bilang sudah mendapat izin camat dan merekrut orang-orang sekitar untuk menanam, hasilnya bisa dijual,” kata Tri. Lalu Tri direkomendasikan ikut program CSR Bank Indonesia untuk belajar lebih banyak tentang menanam. Tri merasa beruntung, selain pelatihan, ia juga mendapat pendampingan, bantuan pupuk dan bibit tanaman, serta dana perawatan selama setahun.

Sekali lagi, ia mengerahkan ibu-ibu dan tetangga sekitar untuk membuat kelompok tani. Jadilah sebuah kebun yang cukup luas berisi kangkung, sawi, cabai, dan tanaman lain. Karena keseriusannya menanam, banyak pihak mulai melirik kebun yang dberi nama “Kebun Tri Puspa Sari” itu. Hampir setiap hari ada saja yang datang ke rumahnya, dari anak-anak sekolah yang ingin belajar menanam, reporter tele visi yang me liput, orang yang ingin belajar berkebun, pemda yang mengajak kerja sama, orang yang ingin membeli produk sayuran hingga mereka yang hanya sekadar ingin foto-foto. “Cita-cita saya memiliki kebun pun ter capai,” ucap Tri bahagia.

Kumpul Bersama Sahabat

TimTam dari Arnott’s Indonesia meluncurkan “TimTam dan Sahabat, Great Together” di Liberica Gandaria City (19/11). Pevita Pearce sebagai duta TimTam bersama dengan dua sahabat dekatnya, mengajak perempuan Indonesia untuk merayakan indahnya momen bersama sahabat, baik itu berbagi cerita, curhat atau bahkan hanya untuk berhenti sejenak dari rutinitas dan tertawa bersama. Tentunya semua itu terasa lebih lengkap jika dinikmati bersama TimTam, Biskuit sandwich berlapis cokelat yang hadir dengan konsep smooth and crunchy.

“Kami sangat bersemangat untuk menginspirasi perempuan Indonesia yang percaya bahwa kisah dan pengakuan yang nyata dan jujur itu terjadi di antara sahabat. Kami bangga bahwa TimTam dengan kombinasi biskuit renyah, krim lembut dan lapisan cokelat lezat merupakan kudapan sempurna yang melengkapi momen bersama sahabat,” ungkap Richard Fourie, Presiden Direktur PT. Arnott’s Indonesia.

Sumber : https://ausbildung.co.id/