Inilah 4 Daftar Gurun Terluas Di Asia Berikut Luasny

gurun terluas di asia

Tahukah Anda bahwa gurun Asia diklasifikasikan sebagai musim dingin, dengan musim panas yang panjang dan kering, atau subtropis, dengan musim panas yang sangat panas dan musim dingin yang kering.

Baca Juga: Pasang Kaca Murah

Gurun gobi adalah gurun terluas di Asia yang perlu Anda ketahui, karena banyak kisah yang tersimpan. Selain gurun gobi banyak gurun lain di Asia yang mengkin membuka rasa keingintahuan Anda, lalu apa sajakah daftar gurun terluas di asia?

Inilah 4 Daftar Gurun Terluas Di Asia Berikut Luasnya

  1. Gurun Gobi

Meskipun hanya gurun terluas kelima di dunia, Gobi memegang gelar sebagai gurun terluas di Asia. Meliputi tanah dari Cina utara hingga selatan Mongolia, wilayah gersang ini membentang 500.000 mil persegi dan semakin meluas, karena proses yang disebut penggurunan.

Baca Juga: jasa interior di jakarta

Sebagian besar curah hujan terhalang oleh Pegunungan Himalaya yang membayangi, tetapi daerah itu masih menerima curah hujan sekitar 7 inci per tahun. Dikelompokkan sebagai gurun musim dingin, Gobi adalah tanah yang ekstrem, dengan embun beku menutupi bukit pasir di musim dingin dan suhu 120 derajat lebih di musim panas.

Jalan Sutra yang bersejarah melewati Gurun Gobi, dan penjelajah Italia legendaris Marco Polo menjumpai banyak kota perdagangan yang bertingkat, seperti Turfan dan Hami, dalam perjalanan kembali ke Venesia.

  1. Kyzyl Kum

Melintasi perbatasan Turkmenistan, Kazakhstan dan Uzbekistan, gurun musim dingin yang dingin ini adalah 115.000 mil persegi. Sementara daerah hanya menerima antara 4 dan 8 inci hujan per tahun, ini terjadi selama musim dingin, memungkinkan air untuk menyerap dan menghasilkan daerah yang cukup subur untuk mendukung permainan migrasi dan pemukiman oasis kecil.

Dalam bahasa Turki, namanya berarti “pasir merah,” dan wilayah itu hidup sampai moniker dengan pasir tembaga yang kaya di mana berbagai tanaman gurun tumbuh.

  1. Karakum

Hampir 70 persen dari tanah Turkmenistan ditutupi oleh Gurun Karakum, 135.000 mil persegi tanah berpenduduk jarang. Lokasi gurun di sepanjang Laut Kaspia cocok untuk iklim yang lebih ringan daripada rekan-rekan di Asia, memungkinkan untuk beberapa penggembala nomaden.

Baca Juga: interior murah dan berkualitas

Karakum memiliki sejumlah besar cadangan minyak, terutama di daerah Derweze. Pada tahun 1971, ahli geologi Soviet mengetuk sebuah gua alami yang penuh gas, dan tanah di bawah rig pengeboran runtuh dan menciptakan lubang besar.

Berharap untuk menghindari racun berbahaya, mereka membakar yang dimaksudkan untuk terbakar dalam beberapa hari, tetapi sekarang telah terbakar selama lebih dari 50 tahun. Penduduk setempat menjuluki gua “The Door to Hell,” dengan baskom berapi yang masih dipenuhi api.