2 Julukan Negara Jerman yang unik dan Asal Usul Sejarahnya

Julukan Negara Jerman – Pastinya kamu sudah tahu kalau setiap negara punya julukan. Julukan ini biasanya diambil dari ciri khas atau sejarah/peristiwa yang pernah terjadi di negara tersebut. Misalnya Indonesia terkenal dengan julukan Negeri Khatulistiwa, Belanda dijuluki Negeri Kincir Angin, Amerika Serikat dijuluki Negeri Paman Sam, atau Arab Saudi yang dijuluki sebagai Negeri Minyak.

Baca Juga: Catat Ini Tips Memilih Cafe

Begitu juga dengan Negara Jerman, negara berbentuk federasi di Eropa Barat ini punya beberapa julukan yang unik, Nah, kali ini kita akan berbagi informasi mengenai julukan negara Jerman. Lalu apa saja julukan Negara Jerman? Simak ulasannya berikut ini.

2 Julukan Negara Jerman yang unik dan Asal Usul Sejarahnya

1.Negeri Hitler atau Negeri Nazi

Siapa tak kenal Hitler? Adolf Hitler adalah seorang politisi, Ketua Partai Nazi, Kanselir Jerman, sekaligus diktator yang menjadi tokoh utama Jerman dalam perang dunia ke-2 di Eropa. Tidak ada dalam sejarah Jerman ada seseorang yang memiliki begitu banyak jabatan dan gelar.

Tidak sekedar menjadi pemimpin Jerman, Hitler mendapat julukan sebagai Fuhrer atau pemimpin absolut Jerman. Jabatan Kanselir dan Presiden yang biasanya terpisah, pada masa itu dipegang oleh Hitler seorang.

Hitler merupakan veteran Perang Dunia I yang berakhir dengan Jerman sebagai pecundang. Dengan kekuasaanyya yang mutlak, Hitler akhirnya menjadi seorang diktator yang dengan kebijakan fasisme-nya menyulut terjadinya Perang Dunia II. Sepanjang perang dunia II dari tahun 1939-1945, Nazi dan sekutunya bertanggung jawab terhadap pembantaian yang mengakibatkan kematian jutaan orang.

2.Tanah penyair dan pemikir

Julukan ini mungkin luput dari perhatian kamu. Tapi julukan ini jelas tidak salah, banyak intelektual dan filsuf terkenal kelahiran Jerman yang pemikirannya mempengaruhi peradaban dunia. Bahkan Jerman sering disebut sebagai rumah bagi para penemu, penyair, dan pemikir.

Beberapa nama penyair dan pemikir yang berasal dari Jerman diantaranya Immanuel Kant, Hegel dan Adorno, Heine dan Bach, Goethe, Beethoven, dan juga Brahms

Julukan ini juga tidak terlepas dari kualitas pendidikan Jerman yang menelurkan para tokoh yang menghasilkan karya di bidang ilmu pengetahuan. Banyak inovasi, penemuan, dan karya seni yang lahir dari penelitian universitas di Jerman.

Sebagai contoh di ilmu pengetahuan dan kedokteran saja, telah banyak peraih nobel yang berasal dari kampus di Jerman seperti Albert Einstein, Max Planck, Wilhelm Conrad Röntgen, Robert Koch, dan masih banyak lagi.

Nama-nama di atas belum lengkap karena total ada 68 hadiah nobel bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran yang dihasilkan universitas Jerman. Dan tradisi cemerlang dalam ilmu pengetahuan ini telah berlangsung selama berabad-abad. Itulah alasan utama Jerman menjadi tujuan studi mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.

Itulah julukan negara Jerman beserta sejarah asal muasal julukan itu muncul.