Walimah Syar’i untuk pasangan Muslim dan Muslimah 1

walimatul ursy

Mungkin kita sering melihat tulisan “Walimatul Urs” di dalam paket catering pernikahan dan beberapa bentuk undangan yang teman kita kirimkan kepada kita,

Walimatul Urs sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab. Walimah/Walima/Walimatul yang artinya perkumpulan dan Urs yang artinya pernikahan.

Jadi, Walimatul Urs artinya sebuah akan dilaksanakan perkumpulan untuk proses pernikahan.

Sedangkan walimah Syar’i secara harfiah artinya berkumpul dan syar’i artinya sesuai dengan syariat Islam. Jadi Walimah Syar’i diartikan sebagai proses pernikahan secara Islami, adapun prosesi pernikahan hampir mirip dengan pesta pernikahan pada umumnya namun ada sedikit tambahan pada beberapa hal yang membuat jenis ini unik. Selain itu selain jenis lain dari Walimatul Ursy adalah Walimatul Khitan.

Walimatul Khitan adalah sebuah proses perkumpulan dimana ada pesta khitan di dalamnya. Jadi, Walimah Syar’i merupakan bentuk lain dari sebuah Walimatul Urs.

Pesta pernikahan dihadiri para tamu undangan dengan menggunakan pakaian yang bagus serta berdandan supaya terlihat cantik, mengapa orang-orang berdandan untuk menghadiri pernikahan? karena pernikahan merupakan momen yang sakral dan sangat istimewa.

Syarat pelaksanaan Walimah Syar’i yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak boleh berdandan secara berlebihan

diharapkan pengantin wanita tidak berdandan secara berlebihan untuk menghindari tabarruj

  1. Gaun yang dikenakan pengantin wanita tidak boleh memperlihatkan lekuk tubuh

pengantin wanita tidak diperkenankan untuk menggunakan gaun yang ketat karena tubuh wanita adalah mahkota oleh karena itu disini pengantin wanita sangat dimuliakan dengan menggunakan gaun yang longgar

  1. Tamu undangan yang hadir harus dipisahkan antara laki-laki dan perempuan dengan batas pemisah

hal ini dimaksudkan supaya para tamu undangan tidak berpapasan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya.

  1. Sediakan banyak kursi supaya tamu undangan tidak makan sambil berdiri

salah satu kebiasaan kaum kafir adalah makan dengan berdiri, di dalam islam sangat tidak diperbolehkan makan dengan cara berdiri dan itu sudah tertulis di dalam ayat al-Qur’an

  1. Selenggarakan dengan sederhana tidak perlu berlebih-lebihan

dalam Islam tidak boleh melebih-lebihkan lebih baik menggelar dengan cara yang sederhana

  1. Tidak boleh ada hiburan kecuali menggunakan lagu-lagu religi yang bernafaskan islami

sebenarnya di dalam islam masih menjadi perdebatan apakah mendengarkan musik diperbolehkan apa tidak namun di pesta walimatul syar’i menyalakan musik tidak diperbolehkan mungkin dengan suara kecil atau tidak sama sekali

  1. Jadikan Walimah Syar’i sebagai ajang dakwah 

ajang dakwah disini dapat dilakukan dengan mendoakan kepada kedua pasangan yang telah menggelar pernikahan.

Hal diatas diusahakan untuk diikuti bagi pasangan muslim dan muslimah yang ingin menggelar Walimah Syar’i. Walimah Syar’i sendiri merupakan bagian dari Walimah Ursy.

Saat ini sudah banyak Walimah planner walaupun tidak terlalu banyak seperti planner pada umumnya, Walimah planner masih tetap digemari oleh pasangan muslim dan muslimah yang ingin melaksanakan pernikahan.

Walimah planner biasanya tergabung dengan satu vendor wedding planner umum karena kemungkinan vendor tersebut juga menerima pernikahan sejenis walimah syar’i. Ada juga vendor yang khususkan kepada walimah syar’i namun hal itu terbilang jarang karena memang pernikahan yang dilakukan oleh masyarakat islam tidak selalu menggunakan jenis walimah syar’i.

Karena di negara ini terdiri ada 5 agama, pernikahan umum mudah ditemukan dimana-mana selain bisa saling toleransi dengan tidak menggunakan metode berbasis keagamaan di dalam pelaksanaannya juga terlihat saling menghargai satu sama lain.

Karena pelaksanaannya yang sederhana membuat wedding planner tidak terlalu bersusah payah untuk mengurus persiapan, walau sama-sama menggelar pernikahan namun walimah syar’i ditinjau bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Tetapi ada juga walimah syar’i dengan tambahan modernisasi misalnya di gelar di gedung megah dan mengeluarkan budget hampir sama seperti menggelar pernikahan pada umumnya.